Sabtu, 19 Oktober 2013

Tugas Kedua Bahasa Indonesia



Kualitas karya tulis terdiri dari beberapa topik, yaitu:
1.      Topik yang menarik.
            Dalam penulisan karya tulis, hal yang paling terutama adalah topik yang akan dituangkan dalam karya tulis tersebut. Tentunya topik yang dipilih untuk karya tulis tersebut harus menarik. Apabila topik yang dipilih membosankan atau terlalu sering dibuat oleh orang lain, maka pembaca pun merasa bosan dan malas dalam membaca karya tulis kita. Dari pengertiannya, topik berasal dari bahasa Yunani, yaitu “topoi”, yang berarti tempat, adalah inti utama dari semua tulisan yang hendak disampaikan atau lebih dikenal dengan topik pembicaraan. Terdapat beberapa kriteria untuk sebuah topik yang dikatakan baik, diantaranya adalah topik tersebut harus mencakup keseluruhan isi tulisan, yakni mampu menjawab pertanyaan akan masalah apa yang hendak ditulis.Ciri utama dari topik adalah cakupannya atas suatu permasalahan msih bersifat umum dan belum diuraikan secara lebih mendetail.
            Jadi, apabila kita memilih topik, pilihlah topik yang menimbulkan rasa keingin tahuan pembaca, sehingga pembaca tertarik untuk membaca karya tulis kita. Topik yang menarik bisa diambildari pengalaman yang pernah kita alami, kejadian di kehidupan sehari-hari yang kita lihat, serta tentunya apa yang ada dalam pikiran kita (imajinasi) yang kita tuangkan untuk sebuah karya tulis.

2.      Mudah dipahami oleh pembaca.
            Apabila kita membuat sebuah karya tulis, kita tentunya harus mengenal Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena Bahasa yang kita gunakan harus dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca. Karya tulis lebih baik dibuat agar pembaca mampu terbawa topik yang kita tuangkan karena penyusunan kalimat demi kalimat yang mudah dipahami. Topik jangan terlalu panjang, bahasa jangan terlalu baku sehingga sulit untuk dipahami. Karya tulis yang sederhana, singkat, padat, dan jelas, akan membantu pembaca menemukan jawaban atas karya tulis yang kita buat.
            Misalkan saja kita membuat karya Penulisan Ilmiah. Topik yang kita buat harus berkesinambungan dengan apa yang kita tulis dalam karya tulis tersebut. Dalam artian, karya tulis tersebut tidak merambat ke hal-hal yang tidak ada hubungan dengan karya tulis kita tersebut, sehingga menyebabkan pembaca menjadi bingung dan akhirnya malas untuk membaca karya tulis kita. Dengan karya tulis yang memiliki topik yang menarik, isi dari karya tulis yang berstruktur rapi, dengan bahasa yang jelas dan bersahabat dengan pembaca, tentu dapat membuat pembaca merasa senang dan nyaman. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar